CATATAN KECIL DARI PT SEMEN TONASA



DEFENISI DAN DAFTAR SINGKATAN

1.      Turbin alat yang befungsi untuk menrubah enegi potensial uap menjadi energy kinetic dengan perantaraan sudu-sudu, selanjutnya menjadi energy mekanis dalam bentuk putaran poros turbin.
2.      Generator alat yang berfungsi untuk merubah energy mekanik menjadi energy listrik.
3.      Blow down adalah proses pembuangan air umpan pada boiler, untuk menbatasi conductivity, zat pengotor dan mineral” lain yang terkandung pada air umpan boiler, baik itu secara periodic ataupun secara terus menerus (continuous).
4.      Scale (kerak) adalah lapisan yang terbentuk akibat adanya zat-zat pengotor conductivity yang tinggi pada air.
5.      Conductivity adalah kemampuan suatu larutan untuk menghantarkan listrik disebabkan karena adanya zat-zat yang terkandung dalam air.
6.      Coal Mill adalah alat penggiling batu bara dari batu bara kasar (raw coal) menjadi batu bara bubuk (PC).
7.      PC Making adalah proses pembuatan batu bara dari batu bara kasar (raw coal) menjadi Batu bara bubuk (PC).
8.      Bag Filter adalah alat yang berfungsi untuk memisahkan (Filtering) gas buang (Flue gas) dan produk batu bara bubuk (PC).
9.      Coal Bunker adalah alat penampung batubara kasar (raw coal).
10.  PC Bin adalah alat penampung batu bara bubuk (PC).
11.  Coal Handling System adalah rangkaian beberapa alat yang digunakan untuk memindahkan material batu bara dari coal storage ke coal bunker hingga mudah diproses untuk dipakai di boiler.
12.   Bag Cloth adalah alat yang berfungsi sebagi penangkap debu (pulverized coal) yang dihasilkan dari coal mill untuk menyuplay bahan bakar boiler.
13.  Air Knocker adalah Kantong penyaring yang terpasang dalam bag filter.
14.  Emergency adalah keadaan darurat dimana peralatan harus dihentikan pengoperasiannya untuk mengamankan perlatan yang bersangkutan.
15.  Electrostatic Precipitator adalah alat yang digunakan untuk menangkap partikel” (misalnya debu) dengan menggunakan prinsip elektrostatis.
16.  Rapping adalah proses dimana elektroda dan partikel” terpisah oleh getaran dari rapper.
17.  Hopper adalah bak penampung yang berbentuk kerucut berfungsi sebagai penampung sementara debu untuk kemudian ditransport.
18.  Bottom Ash Handling merupakan proses pengolahan ash (debu) hasil pembakaran dengan menggunakan bahan bakar batu bara, dimana ash dari furnace (ruang bakar) jatuh ke dalam kolam bottom ash. Pada proses ini ash yang terjatuh ke dalam kolam bottom ash ditransfer ke bottom ash bin untik kemudian didistribusikan melelui dump truk.
19.  Scrapper Conveyor merupakan salah satu alat transfer material yang menggunakan chain/rantai.
20.  Discharge Chute alat yang mengumpan material dari Scrapper conveyor ke Clinker Grinding.
21.  Clinker Grinding alat penghancur material yang keras.
22.  Inclining Conveyor alat transfer yang menggunakan belt.
23.  Bottom Ash Bin alat penampung material sementara sebelum ditransport menggunakan dump truk.
24.  Compressor merupakan mesin untuk menaikkan tekanan udara dengan cara memanfaatkan udara atau gas yang kerjanya didapat dari poros.
25.  (Fly Ash) Abu batu bara merupakan limbah dari proses PLTU tersebut dapat berupa abu terbang, abu dasar dan lumpur flue gas desulfurization.
26.  Compressor Fly Ash merupakan mesin bertekanan yang berfungsi untuk mengantarkan abu batu bara sisa pembakaran (Fly Ash) ke lokasi penimbunan abu dan terakumulasi.
27.  Fly Ash Handling Peralatan” yang bertujuan untuk menangani penumpukan debu pada hopper.
28.  Fly Ash Transporter Salah satu bagian peralatan yang berguna untuk mentransfer debu.
29.  Fly Ash Collecting Bin salah satu peralatan transporter berbentuk tabung untuk menapung sementara debu yang akan dirilis.
30.  N2 Generator Suatu proses mengolah udara bebas (O2) menjadi Nitrogen murni (N2) yang dimanfaatkan untuk mengontrol kadar oksigen dan temperature suatu ruang tertentu untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kebakan yang disebabkan oleh kenaikan temperature dan tingginya oksigen content.
31.  Air Heater Suatu alat pengering udara yang berfungsi untuk mengurangi kandungan air dalam udara yang dihasilakan oleh compressor.
32.  Auxilliary Cooling Water System system pendingin peralatan dengan menggunakan medium air yang disirkulasi dan didinginkan dengan memanfaatkan sirkulasi air laut.
33.  Gland Steam Turbin perapat shaft turbin dengan media uap.
34.  Water ejector alat yang berfungsi untuk menghisap gas” yang tidak dapat terkondensasi dengan media air yang dilewatkan di injector.
35.  Sea Water Intake Pompa air laut yang digunakan pada PLTU yang sebagaian kecil dipakai untuk pengolahan air di Water Treatment Plant dalam proses pentawaran air laut menjadi air umpang Boiler dan sebagian besar airnya dipakai sebagai pendingin pada Air Cooler dan Condenser.
36.   Mixed Bed alat untuk menurunkan Conductivity air dan menghilangkan mineral” air yaitu mineral air Ion Positif dan Ion Negatif dengan menggunakan Resin Kation dan Resin Anion.
37.  Kation Resin kimia yang berbentuk bola kecil yang berfungsi untuk mengikat mineral ion positif air.
38.  Anion Resin kimia yang berbentuk bola kecil yang berfungsi untuk mengikat mineral ion negative air.
39.  Fire Fighting system Suatu peralatan darurat pemadam kebakaran api untuk mengatasi dan menanggulangi kebakaran yang terjadi pada suatu gedung atau pabrik.
40.  Sprinklers Alat penyemprot air yang dipasang pada sebuah gedung atau suatu ruangan.
41.  Valve Alat untuk mengatur suatu aliran fluida dengan menutup, membuka atau menghambat sebagian dari jalannya aliran.
42.  Control Panel Panel pengontrol utama CO2 Fire Fighting.
43.  Fire Detector Alat pendeteksi api.
44.  CO2 Cylinder Tabung Gas CO2.
45.  Pylot Cylinder Alat penghancur material yang keras.
46.  Pipe Network  Pipa penghubung tabung gas dan Nozzle.
47.  Nozzle Alat penyemprot/pemadam api yang terletak didalam ruangan.
48.  Alarm Bell Bel Alarm.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer