TEGANGAN AC


Tugas kelompok
MAKALAH TENTANG PEMBANGKIT TEGANGAN TINGGI AC


DI SUSUN OLEH:
v  KELOMPOK III:
1.      ST KHADIJAH                     : 105 82 00520 10
2.      RAHMAT                              : 105 82 00486 10
3.      NASRUDDIN                       : 105 82 00571 10
4.      MUH NUR IHSYAN            : 105 82 00561 10
5.      MUHAMMAD RIDWAN   : 105 82 00551 10

FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO PROGRAM STUDI LISTRIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2013



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
B.     RUMUSAN MASALAH 
C.     TUJUAN PERMASALAHAN
BAB II PEMBAHASAN 
BAB III PENUTUP 
A.    KESIMPULAN 
B.      SARAN 
DAFTAR PUSTAKA 

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul ”Pembangkit Tengan Tinggi AC”.

Dalam penyusunannya, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: Keluarga dan teman – teman  yang telah memberikan dukungan, kasih, dan kepercayaan yang begitu besar.  Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.

Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang.Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar makalah ini dapat lebih baik lagi.Akhir kata penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca. Aamiin.

Makassar, 16 Oktober 2013

      KOLOMPOK III

 
BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Tegangan tinggi dapat dibedakan berdasarkan bentuk gelombangnya, yaitu tegangan tinggi AC, DC, dan impuls. Tegangan tinggi tersebut dapat dibangkitkan dengan menggunakan alat pembangkit tegangan tinggi, AC di laboratorium tegangan tinggi. Tegangan tinggi tersebut dapat diukur besarnya dengan menggunakan alat ukur tegangan tinggi yaitu dengan elektroda bola standar, pembagi tegangan kapasitor, trafo ukur, pembagi tahanan volmeter elektrostatik, voltmeter puncak, chubb & fortesque.Sering kali dalam pengukuran tegangan tinggi dengan menggunakan elektroda bola standar, terjadi kesalahan pengukuran tegangan tembus.
Hal ini dipengaruhi oleh keadaan suhu ,kelembaban udara, ketinggian elektroda bola diatas permukaan tanah serta objek sekitar.Terjadinya tegangan tembus pada sela bola diawali dengan adanya medan elektrik. Dimana , jika tegangan kekuatan dielektrik udara lebih kecil dari medan elektrik pada udara tersebut , maka terjadilah tegangan tembus pada udara tersebut. Oleh karena itu pengaruh objek di sekitar elektroda terhadap tegangan tembus pada sela bola perlu di teliti lebih dalam pembahasannya.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Jelaskan pengertian arus listrik AC?
2.      Apa fungsi tegangan AC dalam kehidupan sehari – hari?
3.      Sebutkan sumber pembangkit tegangan AC?
4.      Apa keuntungan utama sistem AC yang mengungguli sistem DC?
5.      Bagaimana bentuk rangkaian pembangkit tegangan tinggi AC?
C.    TUJUAN PERMASALAHAN
1.      Mengetahui pengertian arus listrik.
2.      Mengetahui fungsi tegangan AC dalam kehidupan sehari – hari.
3.      Mengetahui sumber pembangkit tegangan AC.
4.      Mengetahui keuntungan utama sistem AC yang mengungguli sistem DC.
5.      Mengetahui bentuk rangkaian pembangkit tegangan tinggi AC.
BAB II
PEMBAHASAN
A.    PENGERTIAN ARUS LISTRIK AC
Arus listrik AC (alternating current), merupakan listrik yang besarnya dan arah arusnya selalu berubah-ubah dan bolak-balik. Arus listrik AC akan membentuk suatu gelombang yang dinamakan dengan gelombang sinus atau lebih lengkapnya sinusoida. Di Indonesia sendiri listrik bolak-balik (AC) dipelihara dan berada dibawah naungan PLN, Indonesia menerapkan listrik bolak-balik dengan frekuensi 50Hz. Tegangan standar yang diterapkan di Indonesia untuk listrik bolak-balik 1 (satu) fasa adalah 220 volt.Tegangan dan frekuensi ini terdapat pada rumah anda, kecuali jika anda tidak berlangganan listrik PLN.
B.     FUNGSI TEGANGAN AC
Adapun fungsi  tegangan AC dalam kehidupan sehari-hari, yaitu untuk membangkitkan dan mentransmisikan sumber energi listrik yang besar. Keuntungan tegangan listrik AC adalah tegangan AC dapat diperbesar atau diperkecil sesuai dengan kebutuhan, motor AC lebih murah dibandingkan motor DC, switch gear (misalnya sakelar) AC lebih sederhana daripada DC. 
C.    SUMBER PEMBANGKIT TEGANGAN AC
o   Listrik PLN
o   Listrik dari genset
o   Spoel generator sepeda motor
o   HF oscillator
o   Inverter tegangan dari DC 12V ke AC 220V
o   Output trafo
D.    KEUNTUNGAN UTAMA SISTEM AC yang MENGGUNGGULI SISTEM DC
1.      Pertama, tegangan AC dapat diperbesar atau diperkecil secara efisien oleh sebuah trafo. Ini memungkinkan energi listrik pada tegangan tinggi dan mendistribusikan daya listrik sesuai dengan tegangan yang dikehendaki.
2.      Kedua, motor AC (motor induksi) berharga lebih murah dan lebih sederhana konstruksinya daripada motor DC.
3.      Ketiga, switchgear- misalnya, saklar-saklar, pemutus daya (circuit breaker) untuk sistem AC lebih sederhana daripada sistem DC.

E.     RANGKAIAN PEMBANGKIT TEGANGAN TINGGI AC
Untuk menguji suatu tegangan tembus dari udara, gas, minyak atau zat padat, dibutuhkan pembangkit tegangan tinggi. Salah satu jenis tegangan tinggi yang biasa digunakan untuk pengujian adalah tegangan tinggi AC. Tegangan tinggi AC ini dapat dibangkitkan dengan menggunakan trafo tegangan tinggi. Berikut adalah gambar penyambungan peralatan-peralatan yang digunakan untuk membangkitkan tegangan tinggi AC.

Pada gambar diatas, dapat diketahui bahwa untuk membangkitkan tegangan tinggi AC, dibutuhkan banyak peralatan, yaitu sumber tegangan AC 220 V, Regulator Tegangan, Trafo Tegangan Tinggi dengan perbandingan 220/100000 V, Resistor Tegangan Tinggi 20 MOhm, Kapasitor 100kV 100pF, Konektor, Elektroda Bola-Bola, Operating Terminal, Digital Measuring
Instrument (DMI), Jumper
. Adapun contoh pembangkit tegangan tinggi AC, sebagai berikut:
v  Bentuk rangkaian AC dalam  rumah-rumah.
Gambar : sumber listrik yang dihasilkan oleh turbin dan dialirkan melalui tiang-tiang listrik

Dari pembangkit listrik, listrik dialirkan menuju PLN kemudian dialirkan ke rumah-rumah melalui tiang listrik, lalu dua jalur kawat akan masuk ke rumah-rumah melalui komponen-komponen : Circuit breaker (milik PLN), kWh meter (pengukur pemakaian energi listrik), dan kotak sekering (circuit breaker) pelayanan rumah.
            Alur kawat pertama berwarna kuning adalah hantaran fasa bertegangan, sedang jalur kawat kedua berwarna biru adalah hantaran nol yang tidak bertegangan. Selanjutnya, hantaran fasa diberi symbol L (live) dan hantaran nol diberi symbol N (netral) . Kawat listrik L dan N dari luar rumah di suplai ke rumah-rumah melalui kabel utama yang berisi hantaran fasa dan hantaran nol. Kabel utama selanjutnya dihubungkan ke circuit breaker utama ke kWh meter dan kotak sekering .


BAB III
PENUTUP
v  KESIMPULAN
Adapun fungsi  tegangan AC dalam kehidupan sehari-hari, yaitu untuk membangkitkan dan mentransmisikan sumber energi listrik yang besar. Keuntungan tegangan listrik AC adalah tegangan AC dapat diperbesar atau diperkecil sesuai dengan kebutuhan, motor AC lebih murah dibandingkan motor DC, switch gear (misalnya sakelar) AC lebih sederhana daripada DC. Sumber pembangkit tegangan tinggi AC:
o   Listrik PLN
o   Listrik dari genset
o   Spoel generator sepeda motor
o   HF oscillator
o   Inverter tegangan dari DC 12V ke AC 220V
o   Output trafo

DAFTAR PUSTAKA


Komentar

Postingan Populer